9 Hal Yang Bisa Dilakukan di WAF 2014 Selain Mendengarkan Seminar

Kala penat dengan 50 seminar World Architecture Festival 2014.

Author

Dalam tiga hari, World Architecture Festival 2014 menawarkan hampir 50 seminar yang berlangsung dari jam sepuluh pagi hingga tujuh malam. Suatu waktu kamu akan penat mendengarkannya, tetapi kami punya beberapa list kegiatan yang dapat kamu lakukan tanpa harus keluar dari kawasan Marina Bay Sands Convention Centre.

 

Berburu arsitek favorit untuk diajak foto bareng.

Seusai seminar, penonton dengan sabar membentuk barikade barisan di dekat Professor Sir Peter Cook yang kala itu sedang mengobrol dengan koleganya. Satu persatu berfoto dengannya, hingga pada orang kesepuluh, beliau undur diri dan berpamitan.

 

 

Mengambil makan siang seharga selembar kartu nama.

GROHE, sponsor utama World Architecture Festival membagikan makan siang gratis untuk mereka yang bersedia memberikan selembar kartu namanya. Kemudian pengunjung dapat duduk di teras luar, menikmati makanan gratis sambil memandangi Teluk Marina dan bangunan-bangunan tinggi sebagai latar belakangnya. Selain makan siang, GROHE juga menyediakan kopi dan teh gratis di depan pintu masuk utama. Kamu bebas mengambil minuman sebanyak-banyaknya.

 

 

Mencari majalah gratis di booth media partner.

Ada beberapa booth media seperti The Architectural Review, Archinesia, FuturArc, dan Architonic di antara booth-booth sponsor yang bertebaran di tengah ruangan. Tidak sulit mencarinya, mereka sama-sama menjejerkan puluhan majalah yang bisa diambil secara cuma-cuma di meja depannya. Bersiaplah untuk angkat beban sepanjang hari, dan jangan lupa membawa tas besar.

 

 

Akting sebagai press demi internet dan minuman gratis (lagi).

Press area terletak di luar ruang utama, di sebuah pojokan yang tidak dilalui sirkulasi manusia. Suasananya tenang dan nyaman. Ada dua buah coffee maker dan dispenser air di samping. Ada meja-meja dengan laptop pribadi di setiap sisi ruang, lengkap dengan koneksi internet yang cepat.

 

 

Melihat buku tanpa membeli.

Toko buku Basheer dan Thames and Hudson menjual buku-bukunya di sebelah belakang ruangan. Sempatkan waktu untuk mengintip buku-buku arsitektur seperti Program Diagram, Detail, How to Educate Architects, Architect Says, Yes is More, dan lain-lain. Ada juga kumpulan-kumpulan karya arsitektur berdasarkan nama desainer, tipologi, material, dan pendekatan desainnya. Buku-buku itu tentu saja didiskon.

 

 

Berhenti di hadapan satu dari 510 karya untuk menganalisanya dalam lima menit.

Ada total 24 panel dari INSIDE, dan 144 panel dari WAF. Masing-masing berisi dua sampai empat karya yang dicetak dalam board berukuran A2. Setelah ditotal, kira-kira ada 510 karya dalam 170 panel yang bisa kamu lihat fotonya, prosesnya, gambarnya, dan baca penjelasannya. Pameran ini tersebar di pinggir-pinggir ruangan.

 

Mencoba tertarik dengan tawaran sponsor demi goodie bag.

Mulai dari GROHE, AkzoNobel, Equitone, hingga Gira, dan masih banyak lainnya. Mulai dari furniture keperluan kamar mandi, cladding bangunan, bahan fasad dari semen, hingga instalasi elektrikal. Cobalah berkeliling untuk mengetahui lebih baik tentang apa yang mereka jual, jangan lupa ambil brosurnya. Dan jika beruntung, kamu bisa mendapatkan goodie bag juga.

 

 

Masuk ke satu dari tiga belas Crit Room secara acak dan berusaha mengerti.

Setiap dua puluh menit, tiga belas Crit Room menawarkan presentasi karya arsitek yang masuk ke shortlist WAF 2014, dari pagi hingga sore. Kala bosan, cobalah masuk ke satu dari tiga belas ruangan secara acak. Ruang manapun yang kamu masuki, kamu tidak akan merugi.

 

 

Mengintai pelayan demi segelas bir, wine, semangkuk kacang, dan sepiring keripik di akhir hari.

Seselesainya acara, pengunjung diajak bersosialisasi bersama, dan pelayan mulai berkeliling menawarkan bir, kacang, dan keripik. Carilah tempat duduk yang nyaman untuk mulai bersosialisasi. Jika tidak ada yang tertarik, setidaknya kamu masih bisa menghabiskan makanan itu sendiri.

 



comments powered by Disqus
 

Login dahulu