AFAIR UI, Architecture for EveryONE

Ada udang di balik "ONE" dengan huruf besar.

Author
Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

Satu acara seru akan diadakan tahun ini: AFAIR UI 2014, yang puncaknya akan berlangsung tanggal 28 Januari-2 Februari 2014 di Mal Kota Kasablanka Jakarta.

Acara yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur dan Departemen Arsitektur FT Universitas Indonesia ini mengangkat tema ”Architecture for everyONE”. Tentu saja ada udang di balik "ONE" dengan huruf besar.

Mengutip falsafah panitia AFAIR 2014 yang mengutip Leisa Reichelt untuk menceritakan idenya, "Don't design for everyone. It's impossible. All you end up doing is designing something that makes everyone unhappy."

Melalui beragam acara, dari diskusi, lokakarya, hingga sayembara, AFAIR 2014 hendak mempertanyakan standar dalam merancang. Sederet pertanyaan tentang standar tertera pada press release-nya:

Apakah standar dibuat dengan mengeneralisasikan beragam kondisi manusia dalam satu kondisi yang sama? Lalu bagaimanakah desain yang memenuhi kebutuhan setiap orang? Atau jangan-jangan pada akhirnya memang tidak ada desain yang memuaskan semua orang?

Dalam acara puncaknya, akan ada pameran dari mahasiswa Departemen Arsitektur UI dan pemenang sayembara AFAIR UI 2014. Selain itu, AFAIR 2014 juga mengundang Jatiwangi Art Factory, Arsitektur Komunitas, dan Dik Doank untuk mendiskusikan tema yang diangkat. 

Acara ini gratis dan terbuka bagi umum.



comments powered by Disqus
 

Login dahulu