Anabata Live Series #2 : A Couple of Architectures

Diskusi mengenai hubungan kerja yang dinamis antara pasangan professional

Author

Arsitektur modern dan desain kontemporer tidak bisa dilepaskan dari pembicaraan mengenai pasangan-pasangan yang berpengaruh dalam sejarah perkembangannya. Cerita ini bisa dimulai dari awal abad ke-20 oleh suami istri Charles Rennie Mackintosh dan Margaret MacDonald – salah satu pencetus ‘The Four’, sebuah kelompok berpengaruh di Glasgow School yang merupakan pionir industri Art Nouveau. Di abad 21 ini, banyak pasangan kreatif yang mendominasi dunia desain dan arsitektur. Beberapa diantaranya adalah Billie Tsien dan Tod Williams, Marion Weiss dan Michael Manfredi, Elizabeth Diller dan Ricardo Scofidio. Setiap kolaborasi memiliki cara kerja yang berbeda dari yang lain, masing-masing menjadi elemen penting dalam pergumulan trend, metode dan estetika dunia desain yang dinamis. 

Berarsitektur berdampingan dengan orang lain, lebih-lebih dengan orang yang juga merupakan pasangan hidup kita terlihat sangat menyenangkan. Hubungan kerja yang dinamis antara pasangan-pasangan professional dan bagaimana mereka menciptakan harmoni yang berkelindan dalam kesehariannya, selalu menjadi misteri. Karya mereka seperti simbol dari mitos kolaborasi yang jauh lebih dalam – jalinan perasaan dan rasa saling menghargai yang terpancar melalui obyek yang dihasilkan. Proses kerja dan cerita-cerita yang ada bisa jadi akan sedikit berbeda saat pasangan hidup juga merupakan pasangan kerja. Pertanyaan-pertanyaan juga pastinya akan bermunculan, seperti “Apakah pekerjaan dan produk yang dihasilkan merupakan kunci kesuksesan karir yang sekaligus juga kunci kesuksesan hubungan?” atau “Apakah mereka memiliki ‘kehidupan yang lain’ diluar pekerjaan mereka? Atau pekerjaan itulah ‘kehidupan’ mereka?”

 Berkaitan dengan isu seputar pasangan-pasangan dalam dunia arsitektur, Anabata, bekerja sama dengan Estica International akan mengadakan Live Series #2 dengan judul A Couple of Architectures. Acara ini akan menghadirkan pembicara-pembicara arsitektur luar negeri, yaitu pasangan Joshua Comaroff dan Ong Ker-Shing dari Lekker Architects, Singapura, dan pasangan Florian Idenburg dan Jing Liu dari So-iL, New York. Lekker Architect adalah biro arsitek muda yang didirikan oleh pasangan suami istri Joshua Comaroff dan Ong Ker-Shing pada tahun 2002. Pada tahun 2008, karya mereka Monstrous Intersection, menjadi bagian dari Paviliun Singapura: SuperGarden dalam Venice Architecture Biennale. Mereka juga salah satu dari banyak praktisi muda yang ikut dalam Ordos100, proyek perumahan Cina, yang melibatkan Ai Wei Wei, sebagai salah satu kuratornya. Manifesto mereka tentang pendekatan baru dalam arsitektur telah diterbitkan dalam buku Horror in Architecture (2013).

SO-IL (Solid Objective-Idenburg Liu) adalah biro arsitek muda yang didirikan oleh pasangan suami istri Florian Idenburgh dan Jing Liu pada tahun 2008. Berbasis di New York, pasangan yang bertemu saat bekerja bersama di SANAA hingga 2008 ini mulai menarik perhatian dunia arsitektur ketika karyanya Pole Dance (2010) terpilih untuk MOMA PS1 Young Architects Award. Karya terbesar mereka yang saat ini sedang dibangun Shrem Museum (Univ. of California, Davis), dan diperkirakan selesai pada akhir tahun ini, akan menjadi penanda kehadiran SO-IL ini di kancah arsitektur kontemporer dunia.

Acara akan berlangsung dari pukul 13.00-18.00 WIB, bertempat di Soehanna Hall, The Energy Building, Lantai 2 SCBD Lot 11 A, Jakarta, dipandu oleh Ren Katili dan dimoderatori oleh Avianti Armand. Bagi kalian yang tertarik untuk datang, tiket masuk dijual seharga Rp 200.000,- untuk mahasiswa, Rp 250.000,- untuk professional. Pemesanan tiket dan info mengenai acara ini, bisa menghubungi Briantarra (08999311170/081938074232)

 

 

 

 

 

 



comments powered by Disqus
 

Login dahulu