Archive 2013: Materiality

Chief Editor: Stephanie Melissa
Art Director: Felicia Sartika, Stephen Fransisco
Editor: Olivia Sheyla, Shirleen Alvita, Stefhanie Christy
Photo: Jessica Meilya


ISBN 978-979-96917-9-8

Archive 2013 mengangkat tema Materialitas, berisi tentang refleksi dan evaluasi apa saja yang sudah dipelajari mahasiswa arsitektur Universitas Pelita Harapan selama setahun belakangan ini. 

Arsitektur tidak hanya tentang seni dan teknologi untuk menciptakan sebuah bangunan, tetapi lebih jauh lagi, ia mempengaruhi manusia sebagai pengguna ruang yang tercipta. Arsitektur juga bersinggungan dengan kemampuan mencipta pengalaman yang berbeda setiap ruang, melalui indra perasa manusia. Dengan menyentuh, melihat, mendengar, dan mencium, sebuah ruang yang dibentuk dari berbagai material dapat dirasakan. Material menjadi esensi utama, embrio yang melahirkan arsitektur.

Di masa yang akan datang, arsitektur akan terus mengembangkan berbagai material baru, seiring dengan perkembangan teknologi. Eksplorasi desain dan material selalu dibutuhkan. Archive edisi ini menitikberatkan pada detail-detail (joints and composition) yang diolah sedemikian rupa, diiringi beberapa essay dari para dosen. Mulai dari komposisi sambungan sederhana, hingga ke arah yang lebih kompleks, mengintegrasikannya dengan konteks dan tektonika bangunan.

Beberapa essay dari para dosen antara lain, "Vertical Velocity" oleh Glenn Hajadi, tentang elaborasi dan eksplorasi material berkaitan dengan kondisi klimatik lingkungan. Dan "Facade Architecture" oleh Ary Indra, tentang isu kulit bangunan dan eksplorasi materialnya di masa moderen ini.


Kategori : Archive

Gambar lainnya :

IDR 35000
Diskon 0 %
Stok : 100 Items
Global
Konten
Sampul

Buku terkait
Komentar (0)
Konten
Sampul

Komentar (0)

Login dahulu