Critical Context

Workshop jurnal lokakarya pedagogi

Author
Lokakarya Pendagogi Arsitektur

Critical Context merupakan salah satu lokakarya pedagogi yang bergerak di bidang arsitektur. Kegiatan review yang diadakan di kantor milik arsitek Yori Antar yaitu Han Awal & Partner yang berlokasi di Bintaro, Tangerang Selatan ini berlangsung selama 2 hari, yaitu dari tanggal 18 hingga 19 Agustus 2017, dimana peserta dari masing-masing unit mempresentasikan ide dan karya mereka secara bergiliran. Kegiatan ini dicetuskan oleh sekelompok arsitek dan akademisi arsitektur yang dikoordinasi oleh David Hutama dan melibatkan dua perwakilan (kelompok) di mana terdiri dari kelompok pengajar (unit master) dan kelompok mahasiswa. Kelompok pengajar (unit master) tidak harus berkarir sebagai dosen, tetapi siapapun yang memiliki minat terhadap pengajaran dan riset arsitektural. Sedangkan peserta berasal dari mahasiswa aktif dan tidak terbatas akan angkatannya.

Sebelumnya, kegiatan jurnal lokakarya ini memiliki 3 fase. Fase pertama berlangsung dari tanggal 14-15 Juli 2017 yaitu dimana para unit master yang berasal dari Semarang, Surabaya, Padang, dan Denpasar berada di Jakarta untuk mengajukan kerangka isu yang spesifik akan daerah mereka dan kemudian didiskusikan bersama. Di dalamnya termasuk penyusunan agenda studio dan penyelenggaraannya, serta standar produk perancangan. Fase kedua berlangsung dari tanggal 1-15 Agustus 2017, diadakan penyelenggaraan studio unit di masing-masing kota dan telah melibatkan peserta yang telah lolos kualifikasi. Pada fase ini peserta mengajukan ide mereka dan para unit master mendorong mereka berpikir kreatif serta mendampingi mereka selama proses pembuatan maket yang nantinya akan merepresentasikan ide abstrak mereka. Pada fase ketiga berlangsung kegiatan review karya dimana peserta menyampaikan ide mereka di hadapan para juri.

Dalam kegiatan lokakarya ini digelar jadwal review karya antar peserta yang berasal dari 5 unit dan 4 kota yaitu Semarang, Surabaya, Padang, dan Denpasar dengan para juri. Acara berlangsung dari pukul 8.30 hingga pukul 13.00 dan diadakan di halaman semi-outdoor kantor Han Awal & Partner dengan suasana kegiatannya santai namun tetap serius dan efektif. Saat kegiatan review berlangsung, para juri membahas dan mendiskusikan karya yang sudah dihasilkan oleh masing-masing peserta. Hal ini bertujuan untuk memberikan masukan, kritik, dan saran kepada para peserta agar karya mereka kelak ke depannya bisa menjadi proyek yang lebih baik lagi. Dalam menjalankan proyek dari workshop ini, para peserta dari setiap unit didampingi oleh 2 unit master yang pada awalnya merancang pedagogi studio unit, termasuk mengarahkan objektif studio, menjaga proses berlangsung studio, dan mempertanggungjawabkan hasil akhir para peserta demi mencapai target yang diharapkan. Unit master dan juri berasal dari kalangan arsitek, dosen, ataupun mereka yang menjadi praktisi arsitektur.

Salah satu peserta lokakarya, Doni Adiguna yang berasal dari unit Semarang menyampikan kesan dan pendapatnya ini dimana menurutnya, teman lokakarya tersebut cukup menarik karena dapat membuat kita, para peserta bisa berpikir out of the box dan menyadari bahwa arsitektur itu tidak sedangkal kurikulum kuliahnya. “Arsitek tidak hanya membahas bangunan, namun merancang seluruh penunjang hidup manusia.”

(Karya Doni Adiguna, unit Semarang dengan fokus pada keinginan mengembalikan citra pasar tradisional yang sudah hilang)



comments powered by Disqus
 

Login dahulu