Ekskursi UI : Menggapai Tonggak Cakrawala

Eksebisi mengenai bagaimana Suku Korowai mempertahankan tradisi di tengah modernisasi.

Author

            Ekskursi Arsitektur UI merupakan program kerja tahunan Ikatan Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia dalam melakukan kunjungan ke suatu daerah suku pedalaman di Indonesia.  Tahun ini, tempat yang dikunjungi berlokasi di Papua, di bawah Pegunungan Bintang dimana Suku Korowai tinggal. Salah satu keunikan arsitektur dari suku ini ialah tempat tinggal yang terletak di atas pohon.

            Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Indonesia akan mengadakan eksibisi bertajuk “Menggapai Tonggak Cakrawala”, yang mengangkat arsitektur dan budaya Suku Korowai. Diadakan pada tanggal 14-20 Maret 2016 di Museum Nasional, Jakarta Pusat, pameran ini akan menampilkan keunikan Suku Korowai melalui karya seni dan karya arsitektur dalam beberapa media seperti foto, maket, sketsa, dan film.

             Eksibisi kali ini menjadi spesial karena mahasiswa arsitektur UI juga akan menampilkan semua rekam jejak perjalanan Ekskursi Arsitektur UI menjelajahi Nusantara pada tahun-tahun sebelumnya. Dengan menampilkan rekam jejak, diharapkan masyarakat luas dapat melihat potensi-potensi daerah Indonesia yang kurang terpublikasi. Tidak hanya itu, akan diadakan rangkaian talkshow dan seminar yang akan ditutup dengan forum mahasiswa antar fakultas dan universitas mengenai apa yang dapat dilakukan mahasiswa dalam melestarikan budaya arsitektur Indonesia. Tokoh arsitek terkemuka seperti Yori Antar dan Gunawan Tjahjono pun turut hadir untuk memberi seminar.

 

Untuk informasi lebih lengkap, bisa menghubungi :
Kanya Pratita (081808480808 / line id: kanyapratita)

 

Eksekursi UI



comments powered by Disqus
 

Login dahulu