KARTINSTALASI: Menemukan kembali semangat Kartini melalui Instalasi

Pameran dan Workshop Instalasi Bambu di Rembang.

Author

Arsitek Eko Prawoto dan Pemerintah Rembang, bekerja sama dengan Kosgoro, Arkom Jogja, dan Karang Taruna Desa Punjulharjo Rembang, mengadakan acara KARTINSTALASI 2015: Pameran dan Workshop Instalasi Bambu, 10-23 April 2015, di Pantai Karangjahe, Punjulharjo, Rembang.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyegarkan kembali ingatan atas pemikiran Kartini, tokoh emansipasi wanita yang semasa hidupnya tinggal di Kabupaten Rembang, kota lama yang saat ini sedang berbenah. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat menjadi sarana pengembangan budaya lokal, keterampilan masyarakat, dan ketangguhan komunitas di Kabupaten Rembang.

Lokasi pembuatan instalasi

Dalam acara tersebut, 5 tim arsitek perempuan, baik dari Indonesia maupun luar negeri, diundang untuk membuat karya instalasi dari bambu. Kelima arsitek itu adalah Priscilla Epifania (Jakarta), Yenny Gunawan (Bandung), ARKOM (Yogya), Endah Kusuma (Rembang) dan Akshaya Narsimhan (New Delhi, India).

Acara ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu masa konstruksi (10-20 April 2015) dan pembukaan pameran untuk umum (21-23 April 2015). Pembukaan pameran pada 21 April akan disertai juga dengan acara Telusur Desa Punjulharjo, dengan kegiatan antara lain mengunjungi rumah-rumah gladak kayu berusia lebih dari 150 tahun dan situs perahu kuno 7 SM, workshop resep masakan khas Kartini, workshop mengolah garam, dan menikmati Pantai Karangjahe.

Rumah gladak kayu di Rembang

Panitia membuka paket telusur gratis untuk 50 orang. Bagi teman-teman yang tertarik, dapat mendaftarkan diri sebelum tanggal 13 April 2015. Paket ini termasuk tas, buku sketsa, alat tulis, snack, makan siang, dan topi pandan khas Rembang.

Kerangka Acuan Kegiatan dari KARTINSTALASI dapat diunduh di tautan ini. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Wawan - Karang Taruna Punjulharjo 085729952698
Lintang - artisan 085640735125



comments powered by Disqus
 

Login dahulu