Rilis e-Katalog Pameran Arsip Arsitektur Harjono Sigit

Rekaman sosok dan kontribusi Harjono Sigit di bidang arsitektur.

Author

Bahwasanya membaca dan mengulas buku arsitektur Indonesia bermutu saja sudah bikin kami senang bukan kepalang, apalagi bisa menerbitkannya.

Konteks.org, bekerja sama dengan Kami Arsitek Jengki, menerbitkan e-katalog Harjono Sigit: Katalog Pameran Arsip Arsitektur. Terbitan ini merupakan edisi digital dari katalog yang menyertai Pameran Arsip Arsitektur Harjono Sigit, 8-15 Mei 2015 lalu, di Wisma Jerman, Surabaya.

Harjono Sigit merupakan salah satu tokoh penting di balik perkembangan arsitektur modern di Surabaya. Ia merancang bangunan-bangunan modern seperti Pasar Atum, Gedung PPS PT. Semen Indonesia, dan Gedung Direksi Perhutani. Karya-karya arsitekturnya banyak mengambil inspirasi dari arsitek-arsitek modern dunia seperti Le Corbusier, Oscar Niemeyer, dan Felix Candela. Di bidang akademis, ia turut mendirikan Fakultas Teknik Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, menjadi Dekan di fakultas tersebut pada 1978-1982, dan pernah menjabat rektor di institusi tersebut pada 1982-1986.

 

 

Pameran Arsip Arsitektur Harjono Sigit diadakan oleh Kami Arsitek Jengki untuk mendokumentasikan dan menyebarluaskan sosok dan kontribusi Harjono Sigit di bidang arsitektur yang belum dikenal luas, termasuk oleh warga Surabaya sendiri. Pameran ini dikurasi oleh Ayos Purwoaji, penulis muda lulusan Desain Produk, ITS, dan dibantu oleh Rifandi Nugroho (manajer proyek), Wahyu Gunawan dan Faizal Rizaldi (peneliti), Archy Sinatrya (desainer grafis), Rendy Hendrawan (manajer program), Astri Isnaini Dewi dan Safana Dewingga (administrasi), serta Irfan Irwanudin dan Muhammad Chottob (dokumentasi).

Pada katalog digital ini Anda dapat menemukan catatan kuratorial pameran, biografi dan dokumentasi karya-karya Harjono Sigit, serta kontribusi tulisan-tulisan bergizi dari berbagai narasumber seperti Murtijas Sulistijowati, Josef Prijotomo, Farid Rakun, dan Defry Ardianta.

Selain e-katalog ini, arsip digital Harjono Sigit dapat diakses di situs http://ayorek.org/harjonosigit/. Seluruh data, termasuk isi buku ini, dibagikan melalui lisensi Creative Commons BY-NC-SA, yang berarti siapapun dapat menyalin, menyebarluaskan, dan mengadaptasi konten tersebut dengan mencantumkan sumber, untuk kepentingan non-komersial, dan menggunakan lisensi yang sama.

Katalog ini menjadi buku kedua yang dirilis oleh konteks.org setelah rilis Rumah Silaban pada awal tahun. Versi pdf dari katalog ini dapat diunduh di tautan ini

Beberapa tampilan isi dari e-katalog Harjono Sigit: Katalog Pameran Arsip Arsitektur

Baca juga: 

Ode Untuk Sang "Arsitek Tak Berbakat"

Ayos Purwoaji: "Itu Kan Arsitektur yang Bonek dan Banal!"

 



comments powered by Disqus
 

Login dahulu