Wiswakharman Expo 2016

Pameran, sayembara, serta rangkaian acara seputar arsitektur di Yogyakarta

Author
Wiswakharman Expo 2016

Wiswakharman Expo (WEX) merupakan pameran arsitektur tahunan terbesar di Yogyakarta, yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Arsitektur (KMTA) Universitas Gadjah Mada. Berbeda dengan pameran tahun lalu yang mengangkat tema seputar teknologi arsitektural, tahun ini isu yang diangkat adalah densitas penduduk.  “Jogja Mencari Ruang” menjadi tema besar pameran tahun ini untuk mewakili isu tentang kepadatan penduduk di Yogyakarta.

Pameran ini akan diselenggarakan di Taman Budaya Yogyakarta dari tanggal 8 – 10 April 2016 dengan tiga rangkaian acara, yaitu pembuka, acara inti, dan penutup. Pembuka akan dilaksanakan tanggal 8 April 2016, berupa pembukaan pameran pukul 15.00 WIB dan pertunjukkan seni dari mahasiswa arsitektur UGM pada pukul 16.30 WIB.

Pada hari kedua, yang merupakan acara inti, pameran akan dibuka pukul 09.00 WIB. Selain pameran, terdapat acara lain yang akan diselenggarakan, seperti talkshow bersama Budi Pradono, Ren Katili, dan Marco Kusumawijaya pada pukul 08.30-13.00 WIB dan workshop sketsa bersama Jogja Sketche. Acara pada hari kedua ditutup dengan presentasi oleh mahasiswa Teknik Arsitektur UGM yang telah mengikuti KKA (Kuliah Kerja Arsitektur) di beberapa negara, di antaranya Singapura, Malaysia, dan Hongkong.

Pada hari ketiga akan berlangsung presentasi sayembara “Escape House”. Escape House merupakan kompetisi desain arsitektur untuk merancang hunian temporer yang dapat berpindah, demi menjawab kebutuhan manusia masa depan yang ingin melepaskan diri dari kepadatan perkotaan. Meskipun sifatnya temporer, Escape House harus dapat mewadahi kebutuhan dasar rumah pada umumnya, seperti ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, serta kamar mandi. Lima karya terbaik yang telah melewati tahap seleksi awal akan dipresentasikan oleh peserta sayembara pukul 10:00 WIB. Setelah itu, upacara penutup akan berlangsung ada pukul 18.30 dan dimeriahkan oleh beberapa penampilan seni dari bintang tamu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara WEX 2016, dapat mengunjungi website berikut : wiswakharmanexpo.com

 

poster rangkaian acara WEX 2016



comments powered by Disqus
 

Login dahulu