Achitectural Design Week 2015

Memperingati HUT ke-26 majalah arsitektur SKETSA.

Author

Dalam rangka perayaan HUT KE-26 majalah arsitektur SKETSA, Ikatan Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Tarumanegara kembali menyelenggarakan Architectural Design Week dengan workshop, seminar, dan sayembara sebagai tiga elemen penting acaranya.

Water, Life and Architecture diangkat sebagai tema workshop untuk menggagas lebih lanjut tentang bagaimana arsitektur dapat berkontribusi agar sebuah kota dan penghuninya dapat tetap hidup dan beraktivitas ditengah fenomena terendamnya atau tenggelamnya kota mereka, yang dikenal dengan istilah "Sinking Coastal City". Hal ini rasanya relevan untuk kota Jakarta pada khususya, yang setiap tahun terendam banjir, dan Pulau Jawa pada umumnya, yang sedikit demi sedikit mulai tenggelam. Dua studi kasus yang akan diangkat adalah area pinggiran kota Jakarta di tepi laut, dan area kota di tepi sungai yang rentan terendam luapan air.

Melalui interverensi arsitektural, workshop intensif yang diadakan selama 4 hari ini diharapkan akan melahirkan solusi-solusi kritis dan inovatif untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui konsep attack, defend, dan retreat. Workshop akan diselenggarakan tanggal 16-19 April 2015 mendatang, kemudian akan ada review pada 24 April 2015 oleh Realrich Sjarief (RAW), Paulus Mintarga (RRK), Sibarani Sofian (AECOM), Dani Hermawan (FORMOLOGIX), dan Ariel Shepperd (Sanggar Ciliwung). Dilanjutkan dengan pembuatan dan presentasi mockup pada 27 - 30 April 2015, dan hasil akhir berupa panel dan mock-up akan dipamerkan pada 6 - 9 Mei 2015 di Mall Kuningan City. Presentasi akhir akan di-review oleh Adjuna Sinaga (AECOM), Agustinus Susanto (UNTAR), Alvar Mensana (UPH). TOR untuk workshop dapat diakses di www.adwworkshop.wix.com/2015.

 

Selain workshop, acara lain yang tak kalah menarik adalah seminar bertajuk “Architalk : Floating Architecture” pada 23 April 2015 mendatang. Seminar akan diselenggarakan di ruang auditorium, gedung utama lantai 3, kampus 1, Universitas Tarumanagara pada pukul 09.00 pagi. Dengan pembicara Daliana Suryawinata serta Dr. Ir. Wati A. Pranoto, M.T,  juga dipandu oleh Ir. Johny Kusumo MBA, seminar ini sudah pasti akan menjadi seminar yang sangat seru dan informatif. Biaya registrasi Rp 60.000,- sudah termasuk makan siang, sertifikat, dan kesempatan mendapat door prize.

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ADW tidak melupakan sayembara arsitektur sebagai bagian dari rangkaian acara. Tahun ini, tema yang diangkat adalah Adaptive Space for Raising Water Level. Pendaftaran sayembara ini sudah dibuka sejak 16 Februari lalu, dan akan berakhir 19 April mendatang. Sayembara terbuka bagi mahasiswa aktif jurusan arsitektur, desain interior, juga bagi lulusan kedua jurusan tersebut yang baru lulus maksimum 1 tahun yang lalu. Sayembara ini dapat diikuti secara individual atau kelompok maksimal 3 orang. Karyamu akan dinilai oleh Eko Prawoto, Patrick Lim, serta Ariel Shepperd. Biaya registrasi Rp 120.000,- namun semua akan terbayar jika kamu memenangkannya dan mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp. 5.000.000,-. Lima karya terbaik juga akan dipamerkan di Sanggar Ciliwung Merdeka.

 

Belajar merupakan proses seumur hidup dan kegiatan yang tidak memandang apapun, siapapun, kapanpun, dan dimana pun. Mari ambil pulpen dan tandai kalendermu, mari berkunjung dan belajar bersama di Architecture Design Week Untar, dan menjadi bagian dari kemeriahan HUT ke-26 majalah arsitektur SKETSA! Info lebih lanjut, klik disini http://majalahsketsa.weebly.com/adw.html

 



comments powered by Disqus
 

Login dahulu