AFAIR UI 2016

The World Without Us

Author

Tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Ikatan Mahasiswa Arsitektur dan Departemen Arsitektur FT Universitas Indonesia kembali menyelenggarakan AFAIR UI. ‘The World Without Us’ dipilih sebagai tema AFAIR UI 2016, dengan maksud ingin menunjukkan peran krusial arsitektur dalam mengharmonisasikan kebutuhan manusia akan sumber daya alam yang terbatas dan juga untuk meyakinkan masyarakat bagaimana arsitektur harus mendukung keberlanjutan hidup manusia.

Rangkaian acara AFAIR UI 2016 diharapkan dapat meningkatkan potensi kemampuan mahasiswa dalam berkompetisi dan desain arsitektur. Pameran yang akan berlangsung di Art1 ini mengajak masyarakat untuk lebih mengerti dasar dari arsitektur dengan segala cara-cara kreatif yang membuatnya menjadi lebih interaktif dan komunikatif. Selain itu, untuk menyampaikan pandangan mengenai bagaimana arsitek (yang mengerti dan peduli akan konsep dan konteks dalam mendesain) berpikir. Tujuan yang terakhir adalah untuk membawa sebuah pengertian baru kepada kelompok-kelompok mengenai pentingnya beradaptasi, memelihara, dan tidak membahayakan keadaan serta lingkungan. Tidak hanya pameran saja, tetapi juga akan diadakan acara-acara arsitektur lainnya.

Roadshow AFAIR, ‘Public Installation Display’ sudah berlangsung pada 6 September 2015 lalu dan akan diadakan lagi 10 Januari 2016 mendatang. Roadshow ini berlokasi di Bundaran HI, saat car free day. Pada Roadshow ini, akan dibangun instalasi bernama ‘NIGHTMARE’ untuk menunjukkan bahwa alam juga akan ikut merespon arsitektur yang kita bentuk.

Kegiatan Roadshow AFAIR 2016

Kegiatan Roadshow AFAIR UI 2016

 

Selain roadshow, juga akan ada kompetisi AFAIR UI. Untuk tahun 2016 ini, kompetisi bertemakan “How to Think Like A Spaceman with Limited Supply”. Tidak hanya terbuka bagi mahasiswa dalam negeri saja, tetapi dapat diikuti oleh mahasiswa dari berbagai penjuru dunia.  Alasan dibalik tema ini adalah untuk menantang peserta membuat sebuah desain arsitektur dengan semua pemahaman akan dampaknya terhadap lingkungan di sekitarnya.

Lewat kompetisi ini, diharapkan mahasiswa dapat menciptakan solusi untuk menghadapi ‘The World of the Day’. Desain yang dihasilkan seharusnya lebih sadar terhadap terbatasnya persediaan sumber daya alam. Tidak hanya itu saja, tetapi desain tersebut juga menjadi solusi untuk menyikapi fenomena keterbatasan ini .Yang akan menjadi juri di kompetisi ini tidak lain merupakan praktisi arsitektur ternama Indonesia, yaitu Anthony Liu, Mohammad Nanda Widyarta, dan Eko Prawoto.  

Pendaftaran kompetisi sudah dibuka sejak 1 Agustus 2015 lalu. Namun, bagi kalian yang ingin daftar, pendaftaran masih dibuka hingga 20 November 2015. Pre-event akan diadakan pada 26 September 2015. Technical Meeting akan dilaksanakan pada 19 September 2015. Pre-event akan berlangsung pada 26 September 2015. Jika kalian berminat mendaftar atau mungkin sudah terdaftar dalam kompetisi ini, kalian bisa mengumpukan desain pada 19 Oktober - 20 November 2015. Penjurian putaran pertama akan dilakukan tanggal 23 November – 18 Desember dan peserta terbaik akan diumumkan pada 27 - 31 Januari 2016.

Talk show dan pengumuman pemenang kompetisi akan berlangsung pada Acara Utama AFAIR UI 2016. Semua pemenang, kecuali 3rd & 4th Runner Up, akan mendapat sertifikat dan plakat penghargaan, yang membedakan hanya uang tunai saja. Grand Prize akan mendapat uang tunai sebesar Rp. 6.000.000,-; 1st Runner Up mendapat sebesar Rp. 4.000.000,-; 2nd Runner Up mendapat sebesar Rp. 2.000.000,-; 3rd & 4th Runner Up akan mendapat uang tunai sebesar Rp. 500.000,- dan sertifikat.

Bagi kalian yang tertarik untuk daftar, yuk! Pendaftaran masih dibuka hingga 26 September 2015 mendatang, loh! Info lebih lanjut, klik afairui.id 

 

 



comments powered by Disqus
 

Login dahulu