Anabata Talk 0.5 #Jakarta

Talkshow tentang makna tinggal (to dwell) dan mobilitas manusia urban melalui karya Go Hasegawa (Jepang) dan Wilis Kusuma.

Author

Anabata melanjutakn rangkaian talkshow arsitektur (Anabata Talk 0.5) dengan judul City Dwellers : Beyond House. Talkshow keduanya yang dilakukan di Jakarta ini akan membicarakan tentang tegangan antara makna tinggal (to dwell) dan mobilitas manusia urban.

Mobilitas dan aspek kecepatannya merupakan dua kekuatan utama yang mendominasi cara kita hidup saat ini. Berkaitan dengan itu, ‘tinggal’ (to dwell) tidak lagi menjadi suatu aksi menetap, tetapi petualangan yang melibatkan gerakan. Keterikatan terhadap tanah dan batasan tinggal mulai dipertanyakan, seiring dengan maraknya temporalitas. Sebuah rumah, yang tadinya hanya merupakan wadah untuk ‘tinggal’, sekarang menjadi bagian dari jaringan kehidupan perkotaan. Penduduk generasi baru – city dwellers – memberikan tantangan terhadap kemungkinan penataan ruang dan ketegangannya, sehingga rumah tidak lagi dipahami hanya sebagai kenangan sejarah, tetapi juga sebagai suatu elemen dalam sebuah kota.

Dua arsitek akan hadir untuk mendiskusikan tema ini. Mereka adalah Go Hasegawa (Jepang) dan Wilis Kusuma (Indonesia). Go Hasegawa mulai dikenal dunia arsitektur internasional melalui karyanya House in the Forest. Karya dan filosofinya mengenai desain rumah urban telah dibukukan dalam Go Hasegawa: Thinking, Making Achitecture, Living (2011). Sedangkan Wilis Kusuma yang dikenal publik melalui karya interiornya di Skye, Social House, dan Ocha&Bella, memiliki pemikiran kritis mengenai desain rumah urban yang mengedepankan filosofi dan ketepatan detil.

Anabata Talk 0.5 akan diadakan pada hari Sabtu, 5 Desember 2015 pukul 13.00-17.00 WIB. Arsitek yang datang akan mempresentasikan proyek-proyek mereka, dipandu oleh moderator Imelda Akmal (Indonesia). Art Space 1, Jakarta Utara akan menjadi tempat berlangsungnya acara ini. Bagi kalian yang tertarik untuk datang, tiket masuk dijual seharga Rp. 100.000,- untuk mahasiswa, Rp 150.000,- untuk profesional. Pemesanan tiket dan info mengenai acara ini, bisa menghubungi Anggy (08192120766).



comments powered by Disqus
 

Login dahulu