Architecture Seminar from Design Expo 2014

Arsitektur bukan hanya urusan estetika, tetapi pewarisan budaya pada generasi selanjutnya.

Author

 

 

 

Rangkaian Design Expo 2014 : Legacy, akan berakhir pada akhir minggu ini. Acara seminar Arsitektur akan menjadi penutup pada hari Sabtu, 21 Juni 2014 mendatang. Acara seminar ini akan dihadiri oleh Eko Prawoto, Gede Kresna, dan Varani Kosasih. David Hutama hadir memoderatori para praktisi arsitektur yang akan membicarakan berbagai hal mengenai arsitektur, berkenaan dengan topik Design Expo ini.

Banyak arsitek sekarang  membangun hanya untuk menjadi yang terhebat, terunik, stand out diantara bangunan lainnya, hingga pada akhirnya kurang memperhitungkan konteks budaya atau lingkungan pada daerah yang dibangun. 

Arsitektur bukan hanya mengenai sebuah bangunan, tetapi mengenai ruang dimana manusia akan terus berinteraksi di dalamnya. Manusia akan belajar beradaptasi dengan lingkungannya lebih dahulu, kemudian melihat dunia luar. Saat ruang hidup mereka tidak mencerminkan budayanya, maka para pengguna ruang ini akan beradaptasi dengan keadaan tidak mengenal budaya mereka, dan akhirnya tentu melupakannya.

Arsitektur memiliki pengaruh langsung terhadap keadaan sosial manusia yang tinggal di dalamnya. Tanpa manusia, arsitektur tidak akan berarti apa-apa. Itulah gunanya ada sebuah arsitektur.

Seminar ini akan diadakan pada hari Sabtu, 21 Juni 2014, pukul 11.00-15.30 di Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang.

Selain itu, mahasiswa Arsitektur UPH juga membuat suatu instalasi scaffolding, sekaligus menjadi tempat pameran untuk beberapa board karya mahasiswa yang dipilih oleh dosen studio. Instalasi ini terbuka untuk umum sepanjang hari.

 

 

 

 

 

 



comments powered by Disqus
 

Login dahulu