ArsiTalk 1.2 : Ace the Interview

Pekerjaan seorang arsitek di mata Cosmas Gozali

Author
ArsiTalk 1.2

 

ArsiTalk #2

Cosmas Gozali 

”Arsitek menjadi pengubah generasi.”

Itulah yang dikatakan oleh Cosmas Gozali sebagai pembuka acara ArsiTalk 1.2 yang diadakan pada hari Jumat, 9 September 2016 kemarin. Topik pada sesi ini membahas mengenai pekerjaan seorang arsitek.

 

We change people’s life and make a good city.

 

Arsitek dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk merasakan kenyamanan, kehidupan yang sehat dan bahagia melalui desain yang baik dan ruang yang memadai. Oleh karena itu, arsitek memiliki tanggung jawab moral – yaitu mengubah generasi melalui desain. Sayangnya arsitek sekarang ini hanya menjadi juru gambar. Mereka menurut saja dengan permintaan klien karena tidak ingin kehilangan pekerjaan. Walaupun mereka tahu bahwa secara moral ini akan berakibat buruk terhadap masyarakat.

Berikutnya Comas Gozali membahas apa yang harus dimiliki oleh seorang arsitek profesional. Hal pertama yaitu arsitek harus terlatih, berkualitas dan memiliki izin. Ia mengatakan bahwa sebentar lagi Undang-Undang Arsitek akan berlaku. Ketika sudah ada undang-undang, arsitek harus memiliki izin untuk dapat berpraktek sebagai arsitek. Hal kedua yang ditekankan adalah tanggung jawab.  Sebuah desain harus sesuai dengan aturan yang berlaku, baik dari segi keamanan, kesehatan, dan kebaikan pengguna. Arsitek harus menandatangani IMB atau gambar yang dibuat untuk tidak melanggar aturan. Kalau ternyata didapati melanggar aturan, arsitek dapat dituntut secara hukum. Selain itu, terdapat juga tanggung jawab untuk memastikan bangunan tersebut sukses dibangun sesuai dengan perencanaan. Menurut Cosmas, inilah yang paling sulit. Kesesuaian dengan perencanaan sulit dilakukan karena sekarang banyak arsitek yang hanya bisa menggambar, tetapi tidak tahu cara membangun sesuai dengan perencanaan.

Di Indonesia, hanya 15-20% dari 50.000 lulusan sarjana arsitek tiap tahunnya yang menekuni bidang arsitektur, sedangkan sisanya menekuni bidang lain. Selain itu, proses yang akan dialami oleh lulusan sarjana arsitektur untuk mencapai kesuksesan tidaklah cepat. Butuh kurang lebih 10 tahun dalam proses tersebut.

Banyak yang melihat dan ingin menjadi Cosmas Gozali tanpa tahu kondisi beliau 20 tahun yang lalu. “Penghasilan arsitek saat muda itu masih sangat kecil.” ujarnya. Seorang arsitek perlu mengetahui 140 ilmu lainnya yang bersinggungan dengan arsitektur. Pepatah Jepang mengatakan bahwa kita baru akan mahir ketika kita telah melakukan hal tersebut sebanyak 10.000 kali. Angka 10.000 berbicara tentang pembelajaran yang didapat dari pengalaman. Tidak cukup hanya belajar pada masa-masa kuliah.

Architecture is not a job, is not a hobby, it’s life.” – Cosmas Gozali



comments powered by Disqus
 

Login dahulu