How to Think Like an Architect

6 Kuliah Singkat Mengenai Profesi Arsitek

Author

Belajar, lulus dan bekerja. Ketiga hal tersebut merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh seseorang dalam hidup mereka, demikian juga sebagai seorang arsitek. Namun, menggeluti bidang arsitektur setiap hari justru malah membuat para arsitek, baik arsitek masa kini maupun yang akan datang, mati rasa untuk sungguh-sungguh memahami cara berpikir seorang arsitek.

Menanggapi permasalahan yang terjadi, jurusan Arsitektur Universitas Pelita Harapan bekerja sama dengan OMAH (On Meeting Architecture Hub), mengadakan sebuah acara bertajuk “How to Think Like an Architect”, yang diharapkan dapat meningkatkan semangat para arsitek untuk dapat menikmati profesi ini.

Profesi arsitek merupakan profesi yang dilindungi oleh hukum dan memiliki kewajiban untuk menciptakan sebuah lingkungan yang nyaman dan aman, yang direalisasikan melalui bangunan yang baik. Membuat sebuah bangunan yang baik bukanlah hal yang mudah, karena banyak faktor-faktor yang harus diperhatikan seperti bagaimana cara sebuah bangunan merespon filosofi, lokasi, dan konteks seni. Faktor-faktor tersebut merupakan pertimbangan utama dalam kuliah singkat yang berlangsung sebanyak enam kali, dan dilaksanakan sekali setiap bulannya.

Enam kuliah singkat ini akan diadakan dari bulan Januari 2015 sampai bulan Juni 2015, dengan topik yang berbeda-beda setiap bulannya. Kuliah pertama akan diadakan pada tanggal 31 Januari 2015, dengan topik Architect as Profession dengan David Hutama sebagai pembicaranya. Kuliah kedua diadakan pada tanggal 14 Febuari 2015 dengan topik “Experimenting Architecture”, sedangkan kuliah ketiga diadakan pada tanggal 14 Maret 2015 dengan topik “Design Behavior Setting”. “Urban Design and Its Relationship with Architecture” merupakan topik yang diangkat untuk kuliah keempat yang diadakan pada tanggal 25 April 2015. Kuliah kelima diadakan pada tanggal 9 Mei 2015, dengan topik “Ethics in Architecture as Obligation to Serve Society”, sedangkan kuliah terakhir dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2015, dengan tema “Architecture Studio”. Seluruh kuliah akan diadakan pukul 10:00-12:00.

Bagaimana profesi arsitek dapat berkembang? Hal-hal apa yang perlu disiapkan untuk menjadi seorang arsitek yang baik? Bagaimana cara membangun praktik arsitek yang baik untuk mengembangkan profesi arsitek di Indonesia? Mengapa profesi arsitek penting? Etika-etika apa yang harus diperhatikan untuk menjaga profesi arsitek antara masyarakat umum dengan arsitek, atau klien dengan arsitek, atau arsitek dengan arsitek lainnya sebagai rekan kerja? Kelima hal diatas merupakan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul mengenai profesi ini, dan keenam kuliah singkat yang diadakan diharapkan dapat menjawabnya.

Acara ini akan dilaksanakan di OMAH Library, Jalan Pulau Ayer 2 Nomor 1, Jakarta 11610, dengan maksimal 25 tempat yang tersedia. Bagi yang berminat untuk mengikuti acara ini, dapat mendaftar dengan mengirimkan data diri untuk reservasi pada masing-masing topik kuliah. Pernyataan tersebut dapat dikirim ke alamat email omahlibrary.reservation@gmail.com

Untuk informasi lebih lanjut, klik disini omah-library.com 

 



comments powered by Disqus
 

Login dahulu