Kompetisi Nasional Mahasiswa Arsitektur: Simpul

Hadiah: study trip 6 hari 5 malam ke Tokyo.

Author

Konsultan arsitektur Aboday dan Jurusan Arsitektur Universitas Pelita Harapan kembali mengadakan Kompetisi Nasional Mahasiswa Arsitektur untuk kali ketiga. Pada tahun ini, kompetisi tersebut menyoroti jalinan hubungan antara arsitektur dan infrastruktur dengan mengangkat tema Simpul

"Pemikiran seputar simpul dan jaringan adalah bagaimana 'arus' dapat mengalir dengan lancar, bagaimana mengarahkan 'arus' ke tujuannya, dan bagaimana mengambil keuntungan dari beragam 'arus' yang saling berinteraksi pada simpul tersebut. Keistimewaan simpul jalan sebagai lokasi yang strategis sekaligus kritis dalam struktur kota tersebut sangat potensial untuk dieksplorasi dari kacamata arsitektur," demikian tertulis di dalam kerangka acuan kompetisi ini.

Para peserta diminta untuk memilih dan mengamati suatu persimpangan di kota yang menjadi bagian dari citra kawasannya, dan merespons berbagai situasi dan permasalahan yang ada melalui gagasan perancangan yang inovatif. 

Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan hadiah berupa trip 6 hari 5 malam ke Tokyo, termasuk transportasi, penginapan, dan uang saku sebesar 50.000 yen. Tim juri terdiri dari: Han Awal, Tan Kok Hiang, Johansen, dan Defry Agatha. Registrasi dibuka mulai 24 April 2015. Batas akhir registrasi dan pengumpulan karya adalah 25 Mei 2015.

Berikut informasi lengkap dari penyelenggara kompetisi:

 

ABSTRAK

Kota memiliki ruang-ruang yang penuh kompleksitas akibat beragamnya aktivitas dan kebutuhan manusia. Simpul jalan merupakan salah satu titik penting yang mengundang peningkatan konsentrasi aktivitas dengan beragam kepentingan yang tidak jarang tumpang tindih. Simpul dapat menjadi meeting points, ruang transisi, titik tujuan, lintasan, pengarah, penghubung, titik distribusi, dan sebagainya. Dengan berbagai fungsi, simpul dapat didefinisikan sebagai tempat dimana dua atau lebih jalinan serta jaringan bertemu.

Pemikiran seputar simpul dan jaringan adalah bagaimana 'arus' dapat mengalir dengan lancar, bagaimana mengarahkan 'arus' ke tujuannya, dan bagaimana mengambil keuntungan dari beragam 'arus' yang saling berinteraksi pada simpul tersebut. 

Keistimewaan simpul jalan sebagai lokasi yang strategis sekaligus kritis dalam struktur kota tersebut sangat potensial untuk dieksplorasi dari kacamata arsitektur. Penyelesaian permasalahan pada titik-titik tersebut bukan hanya peran dari infrastruktur, melainkan juga arsitektur. Bagaimana jalinan hubungan arsitektur dan infrastruktur menjadi harapan akan tereujudnya kualitas kota yang baik.

Dalam kompetisi tahun 2015 ini tiap peserta diminta dengan kritis dan jeli untuk mengamati pemasalahan simpul kota ini di lingkungan masing-masing dan kemudian mengusulkan jawaban dari masalah tersebut lewat rancangan jalur pedestrian pada lokasi masalah yang dipilih. Dalam merancang jalur pedestrian ini, tiap peserta boleh mengusulkan program-program pendukung seperti fungsi-fungsi komersial, taman, atau lainnya yang dianggap bisa meningkatkan kualitas rancangan jalur pedestriannya.

KRITERIA PENILAIAN KOMPETISI NASIONAL MAHASISWA SIMPUL

- Persimpangan yang diusulkan harus memang ada dan berada dalam lokasi yang nyata dan bukan fiktif.

- Persimpangan tersebut harus sudah cukup lama sehingga memang menjadi bagian dari citra kawasan.

- Ketajaman dan kekritisan peserta dalam membaca situasi/kondisi dari lokasi perancangan dan merumuskan permasalahan.

- Pemahaman terhadap kebiasaan masyarakat setempat persimpangan tersebut dan kegiatan-kegiatan yang dipengaruh atau berpotensi memperbaiki persimpangan di tempat tersebut. 

- Ketepatan dalam menjawab tantangan dan masalah yang ada (dari pembacaan konteks) pada perencanaan dan perancangan proyek.

- Kreatifitas dalam melihat peluang untuk melakukan inovasi dalam gagasan.

- Integrasi antara permasalahan yang diangkat dan gagasan desain.

- Walaupun ini adalah kompetisi gagasan, namun kejelasan ruang, tektonik dan bentuk arsitektur menjadi pertimbangan penting, tanpa melupakan 7 kriteria sebelumnya

JADWAL

Registrasi : hingga 8 Juni 2015

Pengumpulan : hingga 8 Juni 2015

Pengumuman 25 besar : 15 Juni 2015

Pengumuman 5 besar: 21 Juni 2015

Penjurian final dan pengumuman pemenang : 2 Juli 2015

Seluruh pemasukan karya dilakukan via email. 5 besar yang terpilih akan diminta untuk mempresentasikan langsung karyanya dihadapan juri (tempat dan waktu akan ditentukan kemudian). 

Pendaftaran dapat dilakukan via email ke alamat : kompuphaboday@uph.edu 
Subyek email ditulis : PENDAFTARAN KOMPETISI 
Dalam email tersebut wajib melampirkan (attachment):

1. Bukti transfer pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,-. Pembayaran ditransfer ke Bank BCA No. Rek 7610739959 an. David Hutama. (bukti pembayaran di scan dan disimpan dalam bentuk .JPEG).

2. Tulisan singkat tentang visi perancangan yang hendak dilakukan. Tulisan ini tidak boleh lebih dari 500 kata dan ditulis dengan jelas, sistematis dan lugas tanpa ilustrasi/foto apapun (tulisan disimpan dalam format PDF). 
- Dalam tulisan ini, masing-masing peserta diminta menggambarkan jenis industri serta lokasi dari perancangan yang hendak dilakukan secara singkat. 
- Tantangan dan masalah arsitektur di-elaborasi secara lugas dan sistematis. 
- Tulisan diakhiri dengan pemaparan gagasan perancangan secara umum dalam menanggapi masalah tantangan dan masalah tersebut. 
Dalam penulisan visi tidak disertakan nama / identitas apapun.

3. Curriculum Vitae Peserta (dalam format PDF).

4. Surat keterangan dari jurusan Arsitektur yang bersangkutan (di scan dan disimpan dalam format .JPEG).

Setelah data-data ini diterima panitia akan memberikan NOMOR PESERTA yang akan menjadi SATU-SATUNYA TANDA PESERTA yang digunakan dalam kompetisi ini nantinya.

 



comments powered by Disqus
 

Login dahulu