Kota Tanpa Sampah, dan Praktik Arsitektur yang Relevan

Diskusi mencari alternatif manajemen sampah rumah tangga.

Author

Kota tanpa sampah bukanlah hal yang tidak mungkin. Itulah statement awal dari LabTanya, sebuah unit riset dari studio arsitektur AWD (Adhi Wiswakarma Desantara), yang pada tanggal 30 Mei mendatang akan berbagi mengenai hasil riset mereka, dalam diskusi santai bertajuk BukaStudio: Kota Tanpa Sampah.

LabTanya telah mengadakan riset yang kolaboratif bersama pengurus dan warga di RW.08 kawasan Camar dan Penguin, Bintaro Sektor 3. Riset tentang masalah sampah, yang problematikanya dari dulu selalu berulang itu-itu saja. Komplek Camar, yang pernah mendapat peringkat dua program Kebersihan, Ketertiban, dan Keamanan di Bintaro, rupanya juga memberi konsekuensi besar untuk tempat pembuangan akhir (TPA) Rawa Kucing yang menanggung sampah mereka. Bila satu keluarga menghasilkan 3 kg sampah sehari, maka dengan jumlah 720 keluarga, akan ada 2.100 kg sampah yang dihasilkan per harinya.

LabTanya kemudian mencoba melihat sampah bukan hanya tentang yang bersih dan kotor, tapi menelusurinya lagi dari perilaku konsumsi masyarakat. LabTanya melakukan eksperimen bersama warga di Komplek Camar, mengamati dan mendampingi warga dalam mencari alternatif perilaku konsumsi yang bebas sampah. Pemahaman itu akan memberikan warga wawasan untuk pengelolaan sampah yang sesuai dengan daur hidupnya.

Dengan adanya program nasional Indonesia Bebas Sampah tahun 2020 mendatang, kegiatan yang dilakukan LabTanya ini bisa jadi merupakan awal dan komitmen penting untuk Bintaro mencapai visi kota masa depan yang bebas sampah.

Proyek riset Kota Tanpa Sampah, sebagai bagian dari proyek eksperimen LabTanya, juga mencoba mengenalkan profesi arsitek, yang tidak hanya mendesain bangunan, tetapi memiliki peran yang lebih luas dan lebih relevan dengan keseharian masyarakat. Contohnya dengan gagasan eksplorasi dan pencarian alternatif baru untuk praktik arsitektur yang lebih merespon konteks masyarakat dan lingkungan.

 

Acara diskusi BukaStudio: Kota Tanpa Sampah akan dilaksanakan pada Sabtu, 30 Mei 2015, di GOR Penguin Bintaro Sektor 3, pukul 09.00-12.00 WIB.

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Vinda Zheilla Hardikurnia, BukaStudio & Publication Officer

+62 821 9464 4350 ; publication@labtanya.org

 

LabTanya // Studio AWD

Jl. Camar III AH/ 10, Bintaro Jaya

Tangerang Selatan 15225

(T) : +62 21 737 3378 

(F) : +62 21 737 5715

labtanya.org // facebook.com/labtanya // twitter : @labtanya

 

Selengkapnya tentang LabTanya, bisa mengakses artikel dari Ardi Wilda di : http://www.konteks.org/satu-hari-bertanya-pada-lab-tanya



comments powered by Disqus
 

Login dahulu