Propan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 2 - 2014

Sayembara Desain Dalam Usaha Pelestarian Arsitektur Nusantara

Author

Masih ingatkah anda dengan sayembara bertemakan “Desain Rumah Hijau” pada tahun 2012 dan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara bertemakan “Desain Rumah Budaya Nusantara” pada tahun 2013? Ya. Kedua sayembara tersebut diselenggarakan oleh PT.Propan Raya.

Pada tahun 2014, PT. Propan Raya bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Green Building Council Indonesia (GBCI), INIAS Resource Center dan Yayasan Rumah Asuh serta didukung penuh oleh El John Pageants Indonesia, kembali menyelenggarakan sebuah kompetisi desain

Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 2 adalah sayembara yang sejalan dengan program Kemenparekraf dalam mengembangkan desa wisata di beberapa kawasan potensial di Indonesia. Sayembara kali ini mengangkat arsitektur nusantara sebagai panduan desain para pesertanya dengan tema “Desa Wisata Nusantara”.

Sayembara ini bertujuan agar masyarakat penggiat arsitektur dan desian interior di Indonesia menyadari betapa pentingnya usaha melestarikan arsitektur nusantara sebagai bagian dari kearifan lokal negeri Indonesia. Sayembara ini juga merupakan penghargaan bagi kalangan arsitek yang mendukung dan melakukan usaha-usaha pelestarian arsitektur nusantara.

Peluncuran Sayembara sudah berlangsung pada 8 Agustus 2014 lalu di acara Malam Arsitektur Nusantara 2,  Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center. Pendaftaran peserta dimulai pada 1 Oktober 2014 – 31 Januari 2015 melalui website arsitekturnusantara.propanraya.com. Hari terakhir pemasukan karya adalah pada 28 Februari 2015. Setelah proses penjurian berlangsung, akan ada presentasi karya oleh setiap finalis pada bulan Maret 2015.

Pemenang utama sayembara ini mendapatkan hadiah mencapai Rp 100.000.000,- dan produk cat dengan nilai mencapai Rp 15.000.000,-. Selain itu, karya pemenang dan nominasi peserta sayembara, serta nama semua peserta yang mengirimkan hasil karya, akan diterbitkan dalam  jurnal / buku “Eksplorasi Desain Arsitektur Desa Wisata Nusantara”  serta ditampikan dalam website khusus.

Overview sayembara ini adalah Merevitalisasi fasilitas umum untuk wisatawan yang berkunjung ke desa wisata yang ditetapkan sebagai objek sayembara. Membuat icon di desa tersebut memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, yang membedakan dirinya dengan desa lain. Sayembara Desa Wisata Nusantara ini juga merupakan sayembara desain arsitektur dengan tujuan tercapainya peningkatan taraf hidup penduduk setempat melalui keunikan arsitektur, seni, budaya dan kuliner. Dalam rangka menunjang sapta pesona, maka desa wisata pun harus bersih, aman dan nyaman bagi wisatawan.

Juri sayembara ini adalah Yori Antar sebagai ketua juri, beserta 6 anggotanya. Mereka adalah Prof. Dr. Ir. Josef Prijotomo, M. Arch, Endy Subijono, Dharmali Kusumadi, Naning Adiwoso, Satrio Suryo Herlambang, B.Arch, MUD, IAI, serta Gede Kresna.

Jika berminat untuk mengikuti sayembara ini,  keterangan lengkap & formulir pendaftaran, serta persyaratan lebih lanjut dapat dilihat di arsitekturnusantara.propanraya.com



comments powered by Disqus
 

Login dahulu