Sepekan Arsitektur 2015

Usaha untuk membuat kemajuan arsitektur Indonesia

Author

“EUREKA” merupakan ungkapan senang seseorang saat menemukan penemuan terbesarnya biasanya penemuan baru seperti ‘gotcha’ atau dalam bahasa Inggris ‘yes’. Kata EUREKA berasal dari bahasa Yunani yang berarti “aku telah menemukannya”. Dengan tema “EUREKA”, Himpunan Mahasiswa Arsitektur Tricaka Universitas Atma Jaya Yogyakarta bermaksud mengajak seluruh pihak untuk bersama mempelajari dan lebih mengedepankan bagaimana proses untuk menemukan sesuatu yang baru bagi Arsitektur Indonesia. Proses tersebut bukan untuk menentukan hasil, namun lebih kepada berproses bersama dalam menemukan apa dan bagaimana Arsitektur Indonesia itu sendiri. Penemuan yang dimaksud tentu berawal dari perubahan kearah yang lebih baik lagi, kearah kemajuan.

Ditengah usaha untuk memajukan arsitektur di Indonesia, ternyata masih banyak pihak yang belum memberikan kontribusinya. Pernyataan tersebur kemudian memunculkan pertanyaan refleksi; “Apakah benar bangsa kita yang tidk banyak berkembang atau karena kita yang tidak memiliki kemauan untuk berproses menuju sesuatu yang lebih maju?” Pertanyaan reflektif tersebut seperti mengajak semua orang yang membacanya untuk intropeksi diri mengenai kesadaran tentang kemajuan arsitektur Indonesia.

Selama tujuh hari yang telah ditentukan, Himpunan Mahasiswa Arsitektur Tricaka Universitas Atma Jaya Yogyakarta telah menyiapkan acara dengan masing-masing sub tema yang bersangkutan dengan tema besar “EUREKA”. Acara pertama yaitu Fun Bike, yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Mei 2015. Keesokan harinya, akan ada Lomba Desain-Lomba Sketsa, Fotografi, dan Pengumpulan Poster. Selasa, 19 Mei 2015, seminar dengan tema Foresight Arsitektur Indonesia akan digelar. Bagi kalian yang tidak memilik acara di tanggal 20 Mei 2015-23 Mei 2015, bisa mengunjungi pameran akbar yang akan dilaksanakan di Kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pada tanggal 23 Mei 2015, akan ada juga Stage of Architecture, yaitu puncak acara dari serangkaian acara Sepekan Arsitektur 2015. Info lebih lanjut, klik disini sepekanarsitektur.wix.com



comments powered by Disqus
 

Login dahulu