Sharing in Between : Redefining Sidewalk

Festival Arsitektur Parahyangan 2015

Author

Dalam waktu dekat, Bandung akan dikembangkan menjadi Smart City dengan sumber daya manusia yang tinggi, sarana infrastruktur, dan fasilitas berteknologi dalam aspek kehidupan perkotaan. Kehadiran ruang publik akhirnya menjadi penting, sebagai area rekreasi dan wadah ekspresi aktivitas masyarakat. Tetapi pada kenyataannya, baru 14% dari target perencanaan 20% ruang publik di Kota Bandung. Yang sudah ada pun tidak dimanfaatkan secara maksimal karena banyak digunakan untuk kepentingan pribadi.

Mahasiswa Arsitektur Parahyangan mencoba untuk membuat ruang-ruang publik itu lebih efisien dan efektif, sehingga akhirnya dapat dinikmati masyarakat secara menyeluruh. Dari rangkaian acara yang telah dan akan diadakan, mereka berharap dapat menyadarkan masyarakat Bandung bahwa ruang dapat berdialog dengan manusia. Solusi desain dilontarkan dengan tema Smart Space, melalui berbagai acara menarikmulai dari sayembara Paradesc yang telah berlangsung, pemutaran film di Sinemars 2015, Pameran Arsitektur Foto, dan acara puncak Final Project FAP 2015.

Final Project Festival Arsitektur Parahyangan 2015 mengangkat tema Sharing in Between, sebuah solusi yang dengan mudah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. FAP akan menghadirkan konsep dan prototype smart space, mengajak masyarakat beraktivitas bersama dan memanfaatkan ruang kota yang ada dan terbatas. Bila ruang dapat memenuhi kebutuhan mereka, dan mereka dapat memanfaatkan ruang yang terdesain tersebut dengan baik, niscaya akan terbentuk karakter ruang dan manusia sebagai smart space dan smart people.

Bentuk acara puncak FAP ini berupa review dari seluruh acara yang dikemas dalam bentuk pameran, talkshow, pertunjukan seni dan musik, instalasi arsitektural satu bandung satu, presentasi dan pertunjukan dari komunitas-komunitas Bandung, dan aplikasi konsep yang secara langsung dapat dirasakan oleh masyarakat.

Review bertujuan memberi kesimpulan tentang smart space sebagai salah satu cara untuk mencapai visi masyarakat dalam ranah ruang kota. Masyarakat butuh sadar dan peduli terhadap penggunaan pedestrian agar dapat memanfaatkannya dengan baik dan benar sebagai ruang publik. Masyarakat juga diajak untuk berinteraksi langsung dengan komunitas kreatif Bandung di ruang publik kota. Acara-acara ini diharapkan dapat pemicu atau referensi bagi masyarakat akan hal-hal yang dapat dilakukan di ruang publik kota untuk mencapai Bandung smart city.

Acaranya akan diadakan pada hari Sabtu, 6 Juni 2015 di Taman Pasupati, Taman Film, Bandung, mulai pukul 16.00 sore hingga 23.00 malam.

 

 

 

 

PERFORMANCES :
The Upstairs
Pandai Besi
Bara Suara
Mustache and Beard
Ellipsis
Mati Lampu
SAMANARS

EXHIBITION :
Short Film Exhibition by SINEMARS
Architecture Design Exhibition by PARADESC
Photography Exhibition by TROTOAR KOTA

INSTALLATION BY ARS 2014

GRAND DECOR BY HMPSARS

COMMUNITIES :
Indomime
Jalan Kecil
Bandung Menulis
Aleut

MC : Da'iyan Rasyidan & Syara Fina Kusmaheidi



comments powered by Disqus
 

Login dahulu