Urbane Fellowship Program 5

Beasiswa perjalanan ke luar negeri untuk mahasiswa.

Author

PT Urbane Indonesia kembali mengadakan Urbane Fellowship Program, program beasiswa perjalanan (travel fellowship) bagi mahasiswa arsitektur seluruh Indonesia yang telah menyelesaikan masa studinya minimal 4 semester. Program ini bertujuan untuk membuka cakrawala calon-calon arsitek Indonesia dengan cara mengamati korelasi antara karya arsitektur dan kota, dan demikian juga sebaliknya, melalui pengalaman berkota di negara lain.

Pada UFP yang kelima ini, para peserta diminta untuk mempelajari inisiatif ataupun intervensi yang dilakukan arsitek bekerjasama dengan warga dalam meningkatkan kualitas lingkungan binaan. 

"Inisiatif tersebut dapat berupa gagasan ataupun proyek terbangun dari suatu fasilitas sosial atau infrastruktur publik yang berkaitan dengan problem sosial, perkotaan, konservasi budaya dan pemberdayaan masyarakat. Keterlibatan warga dalam peningkatan kualitas lingkungan binaan atau perbaikan infrastruktur/fasilitas sosial dirasa penting karena proyek tersebut akan berdampak langsung pada kehidupan sehari-hari mereka," demikian tertulis di TOR UFP 5.

Produk yang harus dikumpulkan oleh para calon peserta adalah karya esai 1000 kata dengan topik “Peran Arsitek sebagai Fasilitator dalam Perbaikan Kualitas Lingkungan Binaan yang Melibatkan Warganya ”. Melalui topik tersebut, para calon peserta diharapkan untuk membuat ulasan mengenai fenomena yang terjadi di kotanya, yang melibatkan arsitek sebagai fasilitator dalam pengembangan atau perbaikan kampung.

Batas waktu pengumpulan diperpanjang menjadi hari Rabu, 20 Mei 2015, Jam 18.00 WIB. Pengumpulan karya tulis dikirim dalam bentuk PDF untuk esai dan JPG untuk diagram presentasi, via email ke ufp@urbane.co.id dengan subyek : [UFP5] nama peserta – judul karya. Selain itu, calon peserta juga harus mengumpulkan CV, fotokopi KTM, surat pengantar dari jurusan, dan portfolio karya. Penilaian akan dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari Yandi Andri Yatmo, Andrea Fitrianto, dan Yulianti Tanyadji.

TOR lengkapnya dapat diunduh di tautan ini.



comments powered by Disqus
 

Login dahulu