Wiswakharman Expo (WEX) 2015

Live the future, Live the Culture

Author

Lahir sejak tahun 2008, Wiswakharman Expo (WEX) merupakan salah satu persembahan mahasiswa Teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada kepada kota tercinta, Yogyakarta, dan juga Indonesia. Acara ini juga merupakan media bagi para mahasiswa Teknik Arsitektur untuk berkomunikasi dengan masyarakat, berbagi serta mengajak masyarakat untuk berpartisipasi.

Tahun 2015 ini, Teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada kembali menyelenggarakan WEX. Berawal dari keprihatinan para mahasiswa tentang kehidupan di Yogyakarta yang semakin semerawut. Lahan-lahan produktif di pinggiran kota semakin banyak yang gundul, beton-beton menjulang semakin tinggi. Dimana-mana, kendaraan pribadi berbaris seperti semut. Mereka melakukan studi ke Beijing, Singapura, dan Malaysia, lalu bermaksud menghadirkan teknologi arsitektural di kehidupan masyarakat melalui WEX 2015.

Bertemakan live the future, live the culture. Memiliki visi untuk mengenalkan berbagai macam teknologi yang ada dibidang arsitektural ke masyarakat luar. Mengajak masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam mewujudkan arsitektur yang berteknologi, serta mengembalikan Yogyakarta sebagai kota yang berhati nyaman. Dalam acara WEX 2015 ini, terdapat beberapa acara yang akan diselenggarkan. Ada pameran arsitektur, pameran seni, talkshow, serta ada juga sayembara arsitektur yang pendaftarannya sudah dibuka sejak bulan Februari lalu. Rangkaian acara WEX ini sendiri akan berlangsung dari tanggal 3-5 April 2015 mendatang di Taman Budaya Yogyakarta.

Sayembara arsitekturnya itu sendiri memiliki judul “Share House”. Share House merupakan konsep hunian privat dengan pengguna yang komunal. Maksudnya, hunian digunakan untuk bisa menampung sebanyak mungkin pengguna pada kondisi lahan yang seminimal mungkin. Pengguna bisa berupa sekelompok orang yang memiliki karakteristik yang sama, semisal sekelompok mahasiswa, sekelompok karyawan pabrik, sekelompok pedagang sayur,  yang menyewa rumah untuk dijadikan tempat tinggal bersama, maupun dua atau lebih keluarga dalam satu atap. Oleh karena itu, sesuai dengan namanya,Share house atau rumah berbagi, maka penghuni saling berbagi ruang yang sama untuk melakukan kegiatan-kegiatannya. Judul ini diambil dari keterbatasan lahan untuk menampung segala kegiatan umat manusia yang jumlahnya semakin banyak, serta keterbatasan ketersediaan bahan bakar fosil di dunia. Bagi juara pertama, ada sertifikat dan hadiah uang tunai sebesar Rp. 7.500.000 loh. Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara dan sayembara arsitektur WEX 2015, klik disini wiswakharmanexpo.com



comments powered by Disqus
 

Login dahulu